Latest News

Tutorial Trik Membaca File di Node.JS

Berikut Merupakan Tutorial Trik Membaca File  di Node.JS, Tenyata untuk membaca sebuah file, caranya sangat-sangat sederhana. Dimulai dari saya ingin mulai coding dengan cara bagaimana kalau saya membaca sebuah file. Karena saya masih dasar, saya harus membangun pemahaman terhadap fungsi fungsi yang ada.

Bedanya adalah saya dipandu dengan sebuah pertanyaan untuk belajar. Ini lah Problem based learning yang dimaksud. Kita belajar atas sebuah kesulitan yang kita hadapi. Titik. dan Fokus untuk mencari jawabannya. Kita tidak mempelajari semua hal untuk dapat menyelesaikan semua masalah. Caranya ? Bikin pertanyaan, dan kita coba menjawabnya.

Kebutuhan Library dalam Membaca File di Node.JS

Untuk membaca file dibutuhkan sebuah library yang bernama FS. Singkatan dari File System. Bentuknya berupa Object yang siap digunakan. Jadi kita pertama akan memastikan kalau Library tersedia dengan perintah

<nama variable> = require(<nama library>);

Jadi dalam mendefinisikan Library FS kita akan menggunakan code berikut

fs = require("fs");

Membaca File dari Library FS di Node JS

Untuk mengakses pembacaan file kita, dapat langsung menggunakan salah satu fungsi dari library yaitu read file dengan format sebagai berikut.

fs.readFile(<nama file>, 'utf8', function (err,data) {
    <perintah err>
    <perintah data>
}

Sebagai contoh saya ingin membaca sebuah file, misalkan baca.txt maka saya akan membuat  script sebagai berikut,

fs = require('fs')
fs.readFile("baca.txt", 'utf8', function (err,data) {
  if (err) {
    return console.log(err);
  }
  console.log(data);
});

Mudahnya ternyata membuat aplikasi di node.js dan sangat cepat.